Disbudpar Adakan Pelatihan Bagi Driver Bentor Candi Muaro Jambi

Kamis, 25 November 2021 - 10:02:52 - Dibaca: 217 kali

Google Plus Stumbleupon


Kabid Pengembangan Destinasi Disbudpar Provinsi Jambi, Hj. Lies Indriani, ST.PGD.MM saat membuka kegiatan pelatihan Driver Bentor di kawasan Candi Muaro Jambi
Kabid Pengembangan Destinasi Disbudpar Provinsi Jambi, Hj. Lies Indriani, ST.PGD.MM saat membuka kegiatan pelatihan Driver Bentor di kawasan Candi Muaro Jambi / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi melalui Bidang Pengembangan Destinasi mengadakan pelatihan bagi Driver Becak Motor (Bentor) yang ada di Candi Muaro Jambi. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Candi Muaro Jambi, Selasa (23/11) yang diikuti oleh driver Bentor yang ada di kawasan Candi Muaro Jambi sebanyak 30 orang.

 .Penyerahan cindera mata kepada perwakilan peserta pelatihan Driver Bentor oleh Kabid Pengembangan Destinasi Disbudpar Provinsi Jambi 

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pembinaan dan pelatihan bagaimana strategi adaptif bagi Driver Bentor yang beroperasi di depan kawasan Candi Muaro Jambi. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberi pengertian bagaimana strategi adaptif Driver Bentor yang beroperasi menghadapi tantangan di era kenormalan baru.

 . Narasumber saat menyampaikan materi  

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi, Hj. Lies Indriani, ST.PGD.MM saat membuka kegiatan pelatihan mengatakan bahwa, sektor pariwisata telah menjadi trend baru yang mewarnai perkembangan zaman. Hal ini dikarenakan semua aktivitas kepariwisataan merupakan sektor yang fleksibel dan mampu bersinergi dengan sektor apapun, terutama sektor perekonomian. "Pelaksanaan suatu usaha pariwisata tidak hanya mengutamakan aspek penerimaan daerah saja, tapi juga mengutamakan aspek keamanan ketertiban dan kebersihan dalam jenis usaha kepariwisataan. Sehingga dengan demikian, wisatawan akan merasa nyaman saat mengunjungi destinasi pariwisata, dan mengajak kembali wisatawan lain untuk berkunjung," ujarnya.

 Saat pembukaan kegiatan pelatihan Driver Bentor di kawasan Candi Muaro Jambi 

Dengan adanya pelatihan bagi Driver Bentor yang telah dilaksanakan, diharapkan bisa mengajarkan Driver Bentor tentang bagaimana membuat kepuasan pelanggan yang datang berkunjung ke Candi Muaro Jambi dan menggunakan jasa Bentor. Karena kepuasan pengunjung sangat mempengaruhi terhadap keberlangsungan sebuah pekerjaan. Dengan demikian, untuk mempertahankan kenyamanan pelanggan, harus selalu memperhatikan pelayanan dan kenyamanan, berupa pelayanan yang ramah, ketepatan waktu penyampaian, murah, penampilan serta menggunakan sistem yang mudah dipahami, sehingga pelanggan tidak merasa kesulitan atau terganggu.

 

Lies Indriani menambahkan, perlu diketahui bahwa Bentor di Provinsi Jambi kian hari kian berkurang. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya alat transportasi lainnya yang ada di kawasan destinasi pariwisata. Diharapkan untuk Bentor yang ada di Kawasan Candi Muaro Jambi tetap beroperasi dan tetap mempertahankan alat transportasi tradisional. "Alat transportasi berupa Bentor yang ada di Candi Muaro Jambi sudah menjadi salah satu ciri khas pariwisata Jambi, untuk itu Bentor perlu terus dipertahankan. Salah satu bentuk pembinaan dari Disbudpar yaitu melalui kegiatan pelatihan bagi Driver Bentor yang telah dilaksanakan," imbuhnya. (kar)