Ini Penyebab Angin Kencang yang Terjadi di Kerinci dan Sungaipenuh Beberapa Hari Terakhir

Rabu, 01 Desember 2021 - 12:39:21 - Dibaca: 2943 kali


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

KERINCI- Dalam Tiga hari belakangan ini, Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh dilanda cuaca ekstrim.

Angin kencang menghantam dua Daerah tersebut, bahkan hingga membuat satu unit rumah warga rusak parah hingga rusak ringan, fasilitas umum seperti kabel listrik ikut putus terkena terjangan angin, dan atap berterbangan ke jalan.

Salah satu daerah yang terkena dampak parah adalah desa koto salak, hingga membuat satu unit rumah warga koto salak rusak. Dan juga Kota Sungai Penuh, salah satu Cafe Elegan, atap rumahnya terbang ke Jalan hingga 15 meter.

Berdasarkan Press Release dari BMKG Kerinci yang ditandatangani langsung Kepala Stasiun, Kurnianingsih. Dimana, berdasarkan laporan dari masyarakat dan pemerintahan setempat telah terjadi fenomena angin kencang dalam beberapa hari terakhir diakhir bulan November 2021 di sejumlah lokasi di wilayah Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

Berdasarkan hasil pengamatan kondisi cuaca di Stasiun Meteorologi Depati Parbo Kerinci menunjukkan, kecepatan angin maksimum terkukur mencapai 22 knot (40 km/jam). Dampak dari kejadian angin kencang tersebut menyebabkan robohnya bangunan, pohon tumbang, robohnya baleho/papan reklame dan objek lainnya.

Berdasarkan hasil analisa dinamika atmosfer menunjukkan terdapatnya bibit siklon tropis di perairan Samudera Hindia barat daya Lampung dan Tcluk Thailand yang dapat berdampak terhadap peningkatan kecepatan angin di wilayah Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

Kedua bibit siklon ini diprakirakan akan mengalami peningkatan intensitas dalam 24 jam kedepan. Berdasarkan Hasil pemodelan IFS BMKG menunjukkan masih terdapatnya potensi hujan dengan intensitas ringan — sedang yang dapat disertai angin kencang pada 3 - 5 hari kedepan di wilayah Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

Berdasarkan hal tersebut dihimbau untuk tetap mewaspadai perubahan kondisi cuaca selama beberapa hari kedepan dan untuk selalu mengikuti arahan dari instansi terkait di bidang kebencanaan untuk mengurangi dampak dan resiko bencana yang ditimbulkan. Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi kondisi cuaca terkini dapat menghubungi Stasiun Meteorotogi Depati Parbo Kerinci.(adi)