Donald Trump Bikin Medsos Bernama Truth Social, Mirip Facebook dan Twitter

Minggu, 09 Januari 2022 - 06:16:32 - Dibaca: 2493 kali


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

NEW YORK-Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memang diketahui cukup aktif di media sosial (medsos) khususnya Twitter. Tak jarang, melalui akun Twitter pribadinya, Trump juga kerap mencak-mencak di medsos tersebut menyoroti beberapa kasus yang tengah terjadi.

Minat Trump pada medsos ini yang tampaknya membuat dia ingin membuat platform sejenis. Bahkan, dikabarkan kalau suami dari Melania Trump ini sudah mempersiapkan medsos bikinannya yang diberi nama Truth Social.

Hal ini diketahui dari daftar aplikasi yang akan hadir di sistem operasi atau OS iOS milik Apple melalui toko aplikasinya, App Store. Diketahui bahwa Truth Social, medsos milik Trump merupakan besutan dari grup media milik pria berusia 75 tahun ini yang bernama Trump Media & Technology Group (TMTG).

Dikutip via NewYorkPost, aplikasi Truth Social direncanakan tersedia pada 21 Februari mendatang. Menariknya lagi, aplikasi ini akan memiliki fitur yang mirip dengan alat koneksi online di Facebook.

Truth Social bahkan sudah membuka pra-unduhan sebelum hari peluncuran yang juga berbarengan dengan hari Presiden Amerika Serikat. Selain ada fitur mirip Facebook, aplikasi ini juga disebut mirip Twitter. Yakni akan ada fitur mengikuti orang lain dan juga topik yang tengah menjadi tren.

Peluncuran ini diharapkan menjadi bagian pertama dari tiga tahap pengembangan TMTG. Bagian kedua adalah layanan video-on-demand berlangganan bernama TMTG+, berisi hiburan, berita, dan podcast.
Sebelumnya, pada presentasi investor di bulan November lalu, TMTG juga menunjukkan keinginan merilis jaringan podcast. Peluncuran media sosial ini terjadi 13 bulan setelah sejumlah raksasa media sosial Facebook dan Twitter melarang keberadaan mantan presiden AS.

Dia dituding mendorong pendukungnya melakukan serangan ke Gedung Capitol pada 6 Januari 2021. Saat itu, serangan berdasarkan klaim tidak berdasar terkait pemilihan presiden AS tahun 2020 lalu.
Sebagai informasi juga, “Follow The Truth (Ikuti Kebenaran)” diketahui menjadi jargon yang ditampilkan aplikasi medsos salah satu mantan petinggi AS yang penuh kontroversi tersebut. (jpg)

Sumber: www.fajar.co.id