Lima Pengurus KONI Mundur, Berhembus Kabar Ada Kisruh Internal

Jumat, 14 Januari 2022 - 21:23:40 - Dibaca: 267 kali


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI- Kepengurusan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jambi sepertinya sedang dalam keadaan tidak baik. Soalnya, lima pengurus mendadak mengundurkan diri dari kepengursan yang saat ini dipimpin Budi Setiawan.

Mereka adalah para akademisi olahraga yang memegang jabatan strategis. Ada Kabid Sport Science Dr. Palmizal A, Kabid Diktar Dr. Atri Widowati, Wakabid Sport Science Dr. Ugi Nugraha, Wakil Sekretaris Reza Hadinata dan Wakabid Binpres Roli Mardian.
Surat pengunduran diri yang diteken 14 Januari 2022 itu sudah diserahkan kepada KONI Provinsi Jambi. Itu artinya kelima orang pengurus berlatar belakang dosen itu sudah tidak lagi menjadi pengurus.
Dari informasi yang diperoleh, penguduran diri itu terkait persoalan internal. Terutama soal kebijakan yang hanya diputuskan oleh segelintir orang dekat tanpa melalui rapat pleno.
Kemudian tidak mampu menyikapi secara cerdas setiap permasalahan. Selama ini setiap persoalan terkesan kofrontatif, tanpa mengedepankan dialog dan hearing dengan stakeholder.
Lemahnya kemampuan manajerial sehingga setiap permasalahan tidak dipecahkan secara tuntas. Lemahnya kepemimpinan sehingga sangat mudah dikendalikan dan dipengaruhi oleh orang-orang terdekat.
Tidak memberikan ruang kepada para pengurus yang memiliki kapasitas dan kapabelitas di bidang keahlianya. Sehingga kepengurusan yang tidak selaras cenderung merugikan dan menjatuhkan satu sama lain.
Dr. Palmizal membenarkan dirinya telah mengundurkan diri sebagai pengurus KONI. Hanya saja ia mengaku penguduran diri itu dilakukan karena kesibukan sebagai tenaga pendidik.
“Benar, saya mundur karena ada kesibukan dengan Rutinitas di kampus,” ungkapnya singkat. (aiz)